sumber : google
Aliran-Aliran Pendidikan
Pengertian aliran pendidikan
Aliran pendidikan itu sendiri dikatakan sebagai pemikiran- pemikiran yang membawa pembaharuan dalam dunia pendidikan, pemikiran tersebut berlangsung seperti suatu diskusi berkepanjangan.
➭ Aliran Empirisme
Aliran ini berpendapat bahwa segala pengetahuan, keterampilan dan sikap manusia dalam perkembangannya ditentukan oleh pengalaman (empiris) nyata melalui alat indranya baik secara langsung berinteraksi dengan dunia luarnya maupun melalui proses pengolahan dalam diri dari apa yang didapatkan secara langsung ( joseph, 2006:98 ).
➭ Aliran Nativisme
Teori nativisme merupakan salah satu aliran dalam pendidikan yang berpandangan bahwa setiap anak yang lahir telah membawa bakat tersendiri dan akan berkembang masing-masing menurut bakat yang dibawanya sejak ia lahir. Pendidikan dan pembelajar tidak ada pengaruhnya dalam perkembangannya.
➭ Aliran Konvergensi
Faktor pembawaan dan faktor lingkungan sama-sama mempunyai peranan yang sangatlah penting, keduanya tidak dapat dipisahkan sebagai mana sama halnya dengan teori nativisme teori ini juga mengakui bahwa pembawaan yang dibawa anak sejak lahir juga meliputi pembawaan dan juga pembawaan buruk. Pembawaan anak yang di bawa pada waktu sejak lahir tidak akan bisa berkembang dengan baik tanpa adanya dukungan lingkungan yang sesuai dengan pembawaan tersebut.
➭ Aliran Naturalisme
Aliran ini sama dengan aliran nativisme. Naturalisme yang dipelopori oleh Jean Jaquest Rousseau, berpendapat bahwa pada hakikatnya semua anak manusia ialah baik pada waktu dilahirkan yaitu dari sejak tangan sang pencipta.tetapi akhirnya rusak sewaktu ditangan manusia, oleh karena Jean jaquest Rousseu menciptakan konsep pendidikan alam, artinya anak hendaklah dibiarkan tumbuh dan berkembang sendiri menurut alamnya, manusia banyak mencampurinya.
sumber : Youtube
~~~ Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat πππ ~~~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar